CUAP-CUAP : HASTA KARYA DIANTARA TIGA DIVA

Waaa...
Akhirnya kelar sudah hajatan ini , teman teman lucuku benar benar semangat nyambut proyek yang bener bener nirlaba ini, ga nyangka,bener ga nyangka secepet ini jadinya .Sst. . .Meski tadinya ada yang komplain " yiiipp ingus..jangan yang suseh suseh,diriku lagi mati ide",ntar dulu yipp ,gi semedi nyari wangsiit. . . tereak uchrit si duniauchi.Ada lagi yang tanpa babibu tatitu langsung ready mOde ON, iiihh...Semuuttt ! Lutuna...,langsung konfirm yaaa...,serobot si nengmetty.
Ha ha ha ,ada lagi yang amit amit mesti di jelasin ampe serak ,gotong royong ngebantuin menangkap apa pesan tersirat dari proyek ini, si emak adearin tuh ya ampe semaleman tidur engga lelap, bangun subuh baru ngeh sebenarnya dia diminta bikin apa...
Flashfict itu opo tho yip?
Bikinya sambung menyambung kan yip ?
Dan bener bener baru ngeh kalau ntu cerita alenia tentang semut diatas hape !

Well, jadi hematnya gini ya dik,teh,emak...
Yip juga ga bakal terlalu kritik hasta karya kalian TIGA DIVA , dalam kerangka keteknisan menulis layaknya redaksi majalah cerpen ngobrak abrik karya yang masuk.Secara gitu lhoh ,dari awal udah yip tekenin se teken teken nya ampe tuh tombol melesek ga bisa balik lagi.Bahwa kita tidak dibatasi dengan segala ubo rampe,jajan pasar n segala bengek tetek aturan teoritikal tulis menulis,cukup tulis dan tulis koma habis itu dibaca titik habis.He he he. . .

Tapi its okey yip bakal cuap cuap dikit nih.Sebenernya nih, kalian ntu udah bikin sesuatu yang menurut para pakar cerpen disebut The writer eyes.
Walah apa tho itu ? ( kikikik. . ,pasti yang nanya si emak lagi deh)
yach ntu tadi , mata pengarang, mata majemuk yang kadang enggak dimiliki mahkluk jejadian lain.
Coba gih mari kita dedah bareng (walah kata katanya koran banget siich... pake dedah dedah sagala euy).

SAKSI milik nengmetty berupaya menyambung alenia dengan model sok nyastra ,misterius ,dan di akhiri dengan ending terbuka, SAKSI berupaya betul agar antara alenia awal dan paragraf lanjutan klop,lengkap dengan si suara bariton, cangkir kopi, sampai bikin kejutan rahasia dengan gunain dua bulatan pipih putih yang plung...,
hasilnya?
Ha ha ha,alhasil pembaca pada komplain, pada bingung ampe mesti diterangin atu atu,semutnya itu di hape, semutnya itu di bantalan cake,semutnya masih hidup,sementara raksasa...
Tapi justru ini kelebihan SAKSI.
mencoba menjaga plot dari awal yang emang absurd,surealis,toh problem pembaca ma ending yang emang 'hang up' ntu ga sepenuhnya tanggungjawab penulis...,
biar pembaca terbantu meningkatkan kejelianya. . .
Belum puas ?
Baguslah, jangan cepet puas dengan karya sendiri, kalau you puas udah,matek ajah kalaut...
Nah,apanya yang kurang?
Sama seperti yang udah ane tulis dulu dulu ntu di postingan ane : terlalu ngos ngosan,keburu ngelarin cerita ,pengen cepet cepet liat hasilnya...
Mestinya, mestinya di masukin intrik pada si semut ,jadi dia ga cuma persis kayak judulnya, SAKSI. seolah cuma nonton adegan demi adegan yang bener bener menjemukan.
Rusaklah sistem, itu koncinya !
Naikkan tokoh ke genteng , lempari dia pake ulekan ,pasti dia haduh haduh.Nah kejutan intrik ada disitu.Kasian si semut bener bener cuma jadi SAKSI.


nah,sekarang RANGRANG,
walah , dia mencoba memasukin 'aku' , banting setir ke style yang emang gue banget, nakal, lincah, riang ,chicklit,namanya juga anak muda. . . ,
tapi swer ! Karya yang baik juga belum tentu dari kelompok yang berbentuk baku kok, jadi yah ntu tadi , RANGRANG nyoba rasa berbeda dari kakak terdahulunya SAKSI.Kurangnya. . ?
He he he kurang ajar dianya.
Heh, tetep ajah ga bisa lepas dari provokasi SAKSI, masih dalam balutan kata raksasa, perbincangan antara dua raksasa ,ini dan itu ,itu dan anu,yang fresh malah belotan plot pada koloni, sebatalyon pasukan semut ,ntu kejutan liar yang bikin senyum.
Et deh, tapi kenapa ga ada yang berani menciptakan komunikasi antara semut dengan hape,atau semut ama si raksasa misalnya.
Its enough deh kayaknya komenya yip buat RANGRANG

nah ini nih. . .
SEMUT yang nongol belakangan dengan penuh perjuangan, liat sana liat sini,tanya sana tanya sini dulu, jadi deeh...
Well,well,well, keuntungan nongol belakangan bisa nyuri nyuri ,bisa bikin analisa ni cerita mesti di buat kek gimana,dan tentunya harus beda !
Lalu dimunculin tokoh riil metty dan uchi yang bersinggung secara langsung, ga pake tanda tanya lagi ,ga pake misteri misterian lagi.
Hasilnya ?
Tetep ajah kayak karya yang biasa empunya buat : kelewat lebaay.Lho kok lebaay ? SEMUT masih aja terlalu diskriptif, padahal di hasta karya ini yipp pengen SEMUT tampil lebih greget, menggali karakter tiap tokoh, ga sekedar ulasan kejadian kek di Dunia Dalam Berita, abis kejadian A berlanjut ke kejadian B, berlanjut ke C, mampuus dah kalau kek gitu caranya..,
SEMUT terlalu mengalir tenang,tanpa riak,tanpa gejolak,tanpa kecipak kecipak yang bisa bikin gemes.
Tapi sutralah. . ,he he he, Kelebihan SEMUT ada pada rangkaian cerita yang runtut, pembaca ga perlu mengernyitkan dahi kayak di SAKSI.
Halah. . ,tapi siapa ambil peduli ma pembaca kalau emang karya biasa biasa ajah?
Hm,di SEMUT nyaris meniadakan dialog dialog yang non efektif, perpaduan kosakata fresh ,meski katanya yang bikin emak emak.
Lebih semangat ya !


Huuh, selesai sudah selebar daun kelor cuap cuap ini ,
at last,
yip yakin..,
bakat itu ada pada kalian.
Sama.
Sekarang mestinya jadi yakin ,
menulis itu gampang kan?

( postingan ini reward dan regard teruntuk : nengmetty , duniauchi , adearin ,penghuni kelas kecil : kalianlah juaranya! )

Tidak ada komentar: