#2 : inget ngga sih Lo ?

tangan kiri jendral merayap ke saku, menyunting sebatang kretek, dan menyalanya.asap asap bergoyang goyang. Jendral menyerahkan bungkus rokok pada kopral. mereka kini seia.

Tapi ndral,, cepet bener sih waktu ini, perjalanan, ini, kita kayaknya keburu jadi tua, baru kamaren kayaknya kita sama-sama lakuin segala hal. dari lompat pager buat bolos, malakin adik kelas, di ukum melulu ama guru,dan,

dihentikanya kata kata itu, si ceking membuka dompetnya, lantas menyerahkan sesuatu pada jendral.

Lo masih inget ngga ?

yang ditanya, sekarang jadi beku memperhatikan benda kucel yang sering berlipat mungkin dengan STNK dalam dompet. kedua alisnya bertemu di ujung penarian, kemudian lepas lagi tawa limpung itu,...


ha ha ha, gua, ngga mabuk Pral, ini, iniii, haik, si atun bukan ? Lo masih nyimpen ini ? tujuh taon yang lalu Lo minta Foto ini, Foto mantan pacar gua, kata Lo buat ngisiin dompet, biar dianggep udah punya pacar kalo ada yang nanya, haik, dan, brengseknya lagi, Lo selalu aja maksa ngikut setiap gua mau ngapel, Lo emang gila, gila, gila..., inget,inget gua, dari dulu Lo emang ngga pernah punya pacar, dari dulu Lo, seorang Ajik, emang lahir ditakdirin jadi penakut namber wan(number One), hah, hah,

napas jendral mulai ngos-ngosan. terlalu lelah mengngingat dan memilah milah berbegai macam kejadian.

trus, trus, ngapain Lo kasih pusaka ntu ke gua, udah ambil aja, sekalian buat jimat stambul, biar lo ngga kena apes mulu, ha ha,haiik, kopral, kopral.

Ndral, gua, gua cuma pengen ngomong ama Lo, gua mo nikah bulan depan depan, dan gua sampein ini pertama ke Lo, satu-satunya orang yang dari ketemu pertama selalu gua anggep brother, Lo abang gua yang selalu ngejagain gua, nyemangatin gua, ngajarin gua ptualangan-petualangan yang yang ga kebayang, Lo emang norak, suka mabok, tapi ngga pernah ngebolehin gua ikut mabok, Lo suka berantem, tapi ga pernah ngajakin gua ikut acara-acara tawuran Lo.Temen-temen lo junkies semua, tapi Lo ga pernah ngebolehin mereka nawarin barang ke gua.

kini, dua manusia ini mulai di rambati arus listrik kegetiran. napas keduanya sedemikian memburu.berseteru.

Lo, apa ? Lo mo nikah? gua ngga tuli kan ? ato lo ngomongnya emang ngga pernah jelas ?

iya, gua nikah bulan depan. Ni-kah ndraL !

sorot mata jendral makin merah padam, ia seperti menahan sesuatu.

Emang, emang, haik, Lo mo nikah ma siapa? ada yang mau ama Lo heh ?
gua, gua ga percaya Pral, ga mungkin Lo bakal kawin secepat ini, lagian ngapain sih cepet-cepet kawin. . ., ribet bego !

tangan kanan jaendral menuding-nuding jidat sahabatnya itu, kopral menepisnya. tegas. dan..

cukup ndral, cukuuup, asal Lo tau aja, tiap orang pasti bakal nglewatin proses ini, bukanya gua mau berlagak bijak kayak pendeta, tapi Lo juga harusnya mau sedikit mikir, Hidup Lo ga harus Lo isi ma yang kayak beginian, kapan Lo mo sedikit mikir..


kobaran api itu sekarang membesar jilatanya melewati bola mata Jendral.

Lo,gua bilang ke Lo..., haik, sejak kapan lo bisa ngelesin gua hah, belajar di mana lo bisa gunain kata kata sampah ntu, hah, Lo ngga ngga bisa ngatur gua, Gua jendralnya taik !

Terserah Lo !

Lo nantang gua ?
terserah !
Lo mo ngajak gua berantem ?
terserah !
bangsat Lo !
terserah !

dan , prakk !

botol tanpa isi itu telah mengena kening, darah mengalir dari sana, memberi aroma segar dini hari.
dua manusia itu menangis dalam diam.

Jendral mencoba meraba aliran darah di kening itu, Dan kini, sahabatnya, Kopralnya, benar-benar menangis.

Perih Pral?
gua, gua, haik, ngga bermasud ngelukain Lo, gua, gua cuma ga tau mesti omong apa lagi, mesti berbuat apa lagi. Gua bakal kehilangan Lo pral....

dua tetes air melepuh di sudut mata jendral, hatinya koyak moyak perihnya tak terkira.
Jendral tidak sedang mabuk. dia cuma minum Berlebihan. dan ia dalam kondisi sesadar-sadarnya.


sekarang dua lelaki itu entah kenapa saling berpelukan.

====================================================================================================================



di dedikasikan : untuk seorang teman nun jauh disana, selamat, kamu bakal ngelewatin gerbang itu duluan.
sempat kerasukan ide juga pas tau-tau denger sheila on 7 , sampe plotnya jadi belok mendadak.


....aku raja kaupun raja.
aku bidak kaupun bidak.
arti teman lebih dari sekedar materi.....


pegang pundakku jangan pernah lepaskan,
jka ku mulai terbang, terbang meninggalkanmu.


(sahabat sejatiku-sheila on 7)

Tidak ada komentar: