Ziarah rasa

Kemana kucari ?
Awal hari,
getas rafia,
yang begitu sabar menunggui Bisma di pekarangan dongeng kurusetra.
Wajah yang kolosal , sirih , remah kapur , alas bakiak*.


Aku tak runut menyimak desahmu nek!
Belum sempat bertanya tentang muslihat doa,
Tentang seorang kuru yang dikutuk jadi hapsari,dendam Bargawa ,kepiluan Renuka.

Atau aku kini Yahwe?

Jatuh.
Mengejar bayangan.
Nisan nisan persegi.
Kupu kupu.
Sayap robek.Lampu minyak tanah.

Aku menangisi mainan wayang wayangan hadiah dari permen sunduk.

Tiap biji kunamai diam diam tanpa minta persetujuan.

Anjani,
sugriwa,
subali,
abiyasa,
gunawan wibisana,kumbakarna,
lainya aku lupa , ingatanku patah.Sindroma.

Nek,
aku tahu nenek disana.
Lalu aku cuma bersujud menziarahi rasa.


Catatan : bakiak* , adalah sandal yg terbuat dari kayu ,biasanya kayu mahoni.

Tidak ada komentar: