Ini tentang aku ,dan kisah kecilku

Ga tau ya , kenapa malam ini aku tiba tiba aja pengen cerita tentang pacar. Eh maksudku PASAR ( maklum udara dingin jadi aktor utama yg bikin finger finger ku kaku ,jadi jariku yg jempol semua ini kadang kurang familiar ama tuts tuts di keypad )

kamu tau kenapa aku jd antusias bercerita tentang pasar ?

Hayuuh. . .
Siapa yg ga pernah menginjakkan kakinya ke pasar, PASAR yg ku maksud disini PASAR tradisional Lho! bukan Pasar swalayan,bukan pasar modal ,apalagi pasar simpanan, he he he, ( yg itu PACAR gebleg ! )


- eror sebentar -
( klik refresh ,hapus cache )
aha ha ha. . .


Jadi sohibul hikayatnya gini :

bercerita tentang pasar buatku secara personal adalah membaca diari panjang nan tebal,yg kita temuin di rak pustaka berdebu : ingatan

sementara kadang lantaran umur yg makin uzur, kuota mengingatku yg ga lebih dari 1Gb ini,slalu n slalu aja ga pernah konsisten dalam menampilkan data,kamu boleh bilang rancu.Yuuhuu. . .

Dunia kecilku akrab banget ama pasar.bahkan bisa dibilang pasar adalah rumah ke-3. Lho kok Ketiga ? Yaiyalah sebab skema urutnya gni :

pertama - Rumahku adalah surgaku

kedua - Pos Ojek lapangan kerjaku ( ntar cerita menarik pos ojek bakal kusajikan secara terpisah )- gubrak -

ketiga- Pasarku romantisme ku.


So,skrg kamu paham kronologinya kenapa pasar kusebut rumah ketiga kan?




Pasar membentuk karakterku untuk berinteraksi dengan orang lain satu spesies.Pasar mengajariku untuk hidup saling menyapa,menunduk kalem sambil bilang inggih-dalem ( bahasa jawa ) pasar slalu menunjukkan garis batasan ,kalau hidup ntu ada etikanya,,ada dialog yg mesti ditampilkan baik secara verbal maupun body lingual. Pasar ntu katalog alami tentang mimik wajah, daftar belanja, ceplas ceplos ,hiruk pikuk , pasar ntu ya refleksi diri kita ini : rame,kadang misterius,kadang licik,kadang lugas, kadang kadang. . . .

Aku udah dari kecil (dari usia waktu aku masih umbelen ,ingusan ,ibu slalu mengajakku ke pasar.
Dimana pasar itu cuma ada sepekan sekali di hari yg di jadwalin menurut peritungan hari kalender jawa, susunanya gni lho :
-pahing
-pon
-wage
-kliwon
-legi

nah, tiap lima hari sekali,ibu ,aku,kadang juga ma adik ku pegi ke pasar,jalan kaki sejauh 5 kilo cing ,5 kilo,pulang pergi! Kadang klo pas lucky dpat tumpangan mobilnya mas projo yg ngangkut sapi! Kami bertiga naik dipojok,,mengambil konsekuensi kena resiko dapet hadiah ciamik : cipratan tahi sapi! Mantaff. . . .

Yg masih ksimpen di file ku adalah ,ibu slalu nitipin aku ama pedagang ayam sewaktu dia nyari kulakan dagangan,,kadang aku asyik banget ngeliat orang orang yg iseng adu ayam daganganya.
Kadang aku dapet jatah bubur baning ato jenang candil dari mbok Supat,kadang mbok supat ngajakin aku ngerumpi ,padahal (maaf ,pendengaranya udah ga bagus ,smentara giginya yg ompong membuat suaranya berantakan ga jelas ) tp tetep aja aku suka cerita buanyak ama dia,meski konyol antara yakin ga yakin ceritanya nyambung apa enggak.Kikikik. . .Akh mbok supat. . .Aku kangen jenang candilmu!


Belum lagi ntar klw pak ,akh siapa namanya aku lupa ,swear,ingatan rusak total buat bkin diskripsi wajah ama bentuk badanya,yg terekam tentang karakter tokoh ini adalah : dia sering ngajakin aku,aku digendongnya dibelakang pinggang .Tau ga,aku dibawanya kemana ?

Ke arena judi tauu. . !
Di lahan terbuka itu aku ngerasa amazing aja,meski wktu ntu ak ga bener bener ngeh aku ada di tempat apa,di tengah kerumunan para pecandu permainan uang : ada rolet, judi dadu, trus adu jangkrik,judi tebak angka besar kecil dengan ikon warna merah ama ijo. Akh,aku lupa lupa ingat.Yang pasti aku inget bener ibu teriak teriak histeris ngomelin yang ngajakin aku : entahlah apa yg ibu keluarin buat nyemprot 'paman penculik' ini ,aku cuma cengarcengir,
ngenikmatin semua pemandangan fullcolor disekitarku,,tertawa meriah,karna aku diwaktu itu ga perlu paham definisi dosa ntu apa.


Sebelum akhirnya ibu menyeret lenganku pulang sambil menggendong barang dagangan. . . .


Huh. . . .
Jendela. . . . .


Simak cerita selanjutny : pos ojek lapangan kerjaku.Kalau ada waktu luang. . .

Tidak ada komentar: