nulis yuuk : Usah Takut dikira . . .(fakta)


Semangat pagi !


yuap, judulnya aja sudah mangharubiru gituuuu ...
mau bahas apa siiiih ?
cuma pengen berbagi lagi, karena ternyata hati ini kebeeeleeet banget pengen curhat, he he, karena banyaknya para pemula seperti saya yang jadi kehabisan ide buat nulis, karena ada yang bilang , udah nulis dapat setengah, begitu nyampe, cerita malah di delete. apa ngga sayang tuuh, terus apa musababnya ?
baru di ketahui cuma gara gara dia nulis cerita yang salah satu kalimatnya begini :

ssstt.... diam-diam aku merindukanmu tiap malam. hhhhh, samar-samar kusebuti nama itu tiap hampir pagi. Padahal nama itu bukan nama suamiku .

ciiieeee...
ciiiieeee...
ciiiiieeee...

STOP.

dan dia bilang ; Takut nih, ga enak aja, ntar aku dikirain punya affair, apalagi kalo kamasku sampe mbaca, huh abis deh jadinya....

yuuk, ngulik lagi yuuk !


saya bilang ke dia, kalo masih berbekal pemahaman sempit kayak gitu, niscaya, ga bakalan ada karya yang terlahir. Lha gimana bisa tumbuh lebih baik, kalau tiap nulis terbentur dengan ketakutan ama persepsi pembaca, takut kalau nulis gini dibilang cengeng, kalau nulis begitu di bilang rapuh, pengecut, ntar kalau kita nulis sedikit ganjil takut dianggap atheis lah, rasis lah, kontemporer lah.
haddddduuuuuuuuuuuuuuuuh !

Lantas saya ambil contoh, saya liatin sedikit tulisan saya di blog ini, lantas mendebatkanya,
tuuuu liat, apa persepsi pembaca dari komen-komen yang masuk di bawah postinganku. mereka ku bebaskan menafsirkan persepsi mereka tentang tokoh yang aku buat, bahkan jika tokoh itu kulabeli nama 'aku'. mereka boleh menghubung-hubungkanya dengan apapun, siapapun, termasuk disini adalah interkoneksi dengan penulis yang menciptakann tokoh itu sendiri.
mereka bebas bilang, aaaah itu kamu ya,
wah, si penulis lagi nangis.
mereka anggap penulis orangya ga taat ma tuhan, bandel, ceriwis, dan bla bla bla...
Lha terus senjata untuk ngelawan ketakutan yang satu ini apa ?

ya itu tadi, kembali dulu ke hukum dasar ; Kamu masuk dunia fiksi ! fiksi !
kan sudah ada tendensi tersendiri :

============================================================================
Jika ada kesamaan nama, karakter tokoh, tempat dan kejadian adalah kebetulan belaka. be-la-ka.


==============================================================================================================
jadi ini juga tips tambahan, jangan ragu deh, selama kamu nulis dalam bentuk seperti itu, bukan jurnal koran, atau karya ilmiah. nulis aja lagiiii,
masalah pandangan dan persepsi pembaca itu wajar, tapi paling ngga kalo kamu udah tahu undang-undang hukum fiksi yang tadi, kamu bakal lebih comfort waktu nulis, ngga terbebani bakal di jadiin tersangka !

sekian curhat-curhatnya, uhhhh dah kelamaam jongkok niiih.
buat yang punya problem kayak gini, tetep nulis ya !
salam hangat ,


- pucuk pena wisanggeni -







Tidak ada komentar: