Keajaiban kecil

Saya mendapati momentum ini secara tak sengaja , ketika sore sore sambil memperbaiki vespa hijau saya yang memang manjanya minta ampun. Saat tiba tiba si bungsu , ulul kecil berteriak teriak sehabis pulang ngaji dari TPA ,sambil tergopoh hendak menarik paksa kerah baju saya : mas mas mas lihat mas , pelangi ,pelangi !
Tapi lantaran saya terbiasa dikerjain oleh si kecil , ya acuh tak acuhlah saya , apalagi saya dalam zona konsentrasi penuh layaknya dokter ahli bedah akan melakukan ritual caesar , jadi ya begitu deh , saya tetap berjibaku pada pasien saya : demi integritas kerja.
Tapi , beberapa sekon saat badan saya berbalik akan mengambil tanggem ,
Subhanallah...!
Mata saya begitu terkesimanya menyaksikan lanskap di hadapan saya :
langit biru agak tua , dari ujungnya kecil melengkung yang berisi tumpukan warna seperti di padatkan ,merah kuning biru hijau , ah lantas dalam hitungan menit padatan warna itu melebar menjadi ornamen langit yang , saya rasa , sudah bertahun tahun tak pernah lagi saya jumpai sejak saya memasuki usia akil baligh.Pelangi. Ya ,takjub saya dibuatnya , saya mengira benda bernama pelangi telah ( cuma sekadar ) menjadi dongeng saja. Dan sore ini , saya seperti menemukan dunia kanak saya yang telah lama sempat hilang, tiba tiba hadir mengajak saya untuk bernostalgia.
Dan untung ,saya masih sempat menangkap gradasi paduan warna tersebut lewat tangkapan mata kamera.Hm, saya jadi ingat dongeng uyut saya dulu , bahwa pelangi adalah tangga yang menghubungkan antara kahyangan dengan sebuah telaga , dan dapat dipastikan kalau ada pelangi maka para bidadari berduyun duyun mempercantik diri dan berbasah basahan mandi di telaga . . . .
Dan,
dari reka kata itu ,
sore kali ini saya berharap bisa menjadi Jaka Tarubnya ,
nekat menyembunyikan selendang milik larasati.
Agar dia bingung dengan apa mesti naik lagi , lantas saya akan buru buru menawarkan pakaian ganti yang saya pinjam dari emak. . .
Ho ho ho . . .
Ada ada saja .

Tapi yang jelas , saya kagum pada langit sore itu.

Tidak ada komentar: