SURAT DI HARI ULANG TAHUN IBU SAYA



Surat ini  saya  buat  di malam  ulang  tahun  kamu.  Kamu  yang  lahir  15  Juni  1965, --  ibu  saya. Kamu  akan  membacanya  kan?


Saya  sedang  membayangkan  rautmu  sekali dan  sekali  lagi. Masihkah  hidung  pesekmu  yang  sering  saya  ciumi  itu  kembang  kempis  ketika  kamarmu  saya  semprot  baygon. Masihkah  wajah kamu  yang  kontruksinya  tidak  pernah layak  ditempati  kemarahan  itu  kamu  usap-usap  sehabis  kamu  selesaikan satu  kuali  besar  bubur  untuk  jualan, saya  masih  ingat  kok,  nyaris  tiap  malam  senin—jadwal  ayah  pulang  dari  pekerjaannya  yang  di  luar  kota,   kamu sediakan diri  kamu  untuk  mati-matian  berdandan. Melapisi  wajah dengan  bedak--memakai  gincu—menebalkan  alis,  memakai  handbody  lotion, memilih-milih  gaun  terbaik.  Tiap  malam  senin  ada  seorang  gadis  remaja 18  tahun  di rumah. Demi  yang  kamu  sebut  pacar—ayah  saya.  Seorang  gadis  remaja  yang  selalu  duduk  dan  sengaja  mematikan  lampu  ruang  tengah  untuk  menunggu  lelakinya  pulang. Betah  berjam-jam  memandangi  pintu.  Menunggu  diketuk  seorang. Dan  ah, saya  tahu. Kamu  berpura-pura  tidur, ketika   ia  datang, memasang  raut  muka  seperti  anak  kecil  yang kesal  mencari  lantaran  kehilangan  jepit  rambutnya 

Ya, begitu.  Saya  senang  sekali  diganggu  ingatan-ingatan  semacam  itu. Tiba-tiba  kamu  berlari-lari  kecil  dari  ujung  jalan  rumah  kita  mencari  saya  yang  bandel  dan  selalu  mempunyai  siasat  menghindari  jam  salat  dhuhur  dan  salat  ashar.  Kamu  akan  mendapati  saya  tengah  bermain  kelereng, kadang  di  sawah  menarik  layang-layang. Kadang  bermain kasti  di  halaman  sekolah dasar.  Saya  ingat  jeweran-jeweran  lembut  kamu  di telinga  saya. Kamu  ceriwis  sekali. Salat  itu  penting. Salat  itu  penting.  Saya  malah  berpikir,  keceriwisan  kamu  lebih  penting  dari  salat-salat  itu  sendiri.  Haha,  saya  selalu  tertawa  kalau  kamu  sudah  mengeluarkan  senjata;  anak  lelaki  yang  sudah  disunat  sudah  mulai  menanggung  dosanya  sendiri.
Bertahun-tahun  setelahnya  saya  paham,  paham  benar  apa  yang  kamu  lakukan  itu.  Ya,  seandainya  diberi  otonomi,  saya  yakin,  kamu  akan  mengambil  jatah  dosa-dosa  saya. Kenapa  kamu dan  segala  jenis  ibu  di  dunia selalu  bisa   heroik? Saya  jadi ingin  menciummu.

Saya  menulis  surat  ini, saya  berpikir,  dimanapun  kamu  berada, kamu  akan  terus  menunggu  kabar-kabar  yang  tumbuh  di  sekitar  saya.  Tidak  apa,  sampai  saat  ini  saya  terus  merasa  menjadi  anak  seorang  penjual  bubur. Saya  tidak  akan mau  diganti  dengan  sejarah  manapun.

Kamu  tahu,  ayah  terlihat  cepat  sekali  tua,  begitu  suatu  ketika  saya  dan  adik menggosipkannya. Melarat  sekali  kelihatan hidupnya  dikuasai  jam-jam  kerja. Rambutnya  sudah  putih uban  keseluruhan,  kurus  dan  kalau  dari  jauh  terlihat  terseok-seok  berjalan. Tapi  sekarang  dia  memilih  membotakki  kepalanya, saya  belikan  dia  topi,  dan  dia  senang  sekali  memakainya,  sampai-sampai  tidak  pernah  dicuci.   Sedikit  sekali  saya  dan  ayah  berbincang-bincang, saya  sendiri  juga  seperti  ini  tidak  bisa  banyak  diberi  waktu  luang.  Kadang  tiba-tba ketika  kami  duduk-duduk  malam  hari,  dia  akan  menanyakan  pada  saya;  kira-kira  di sana  ibumu  sedang  apa  ya,...
Dan  saya  tidak  bisa  berbuat  banyak  untuk  mengobati  kesakitan  semacam  itu.  Saya  memilih  diam. Dalam  hati,  saya  sayati  diri  saya  sendiri.



 Adik, kamu  tahu  adik  sekarang?  Setelah  lama  mengabdi  sebagai  seorang  pengajar  di  Madrasah  Ibtidaiyah,  dia  membulatkan  tekad  untuk  melanjutkan  pendidikan  S-1  nya, dia  mengambil  Program  Studi  Pendidikan  Agama  Islam. Katanya  sih, dia  tidak  mau  dong  ketinggalan  jauh  sama  kakaknya.  Tapi  saya  salut  lho, sama  kenekat bulatannya  itu,  kamu  tahu  sendiri  putrimu yang  pernah  kamu  panggil  si  kepala  batu  itu.  (ah, kamu  pasti  menangis  bahagia  sejadi-jadinya  mendengar  kata  kuliah, mendengar  anak-anakmu  belajar  pada  dosen,  mendengar  kata  universitas, mendengar  mendengar,  bahwa  cita-cita  kamu  menyekolahkan  anak-anakmu  akhirnya,  meski  pelan-pelan  sekali, kesampaian.  Kamu  norak  sekali ihh). Ia  mengambil  resiko,  pagi  mengajar  dan  sorenya  kuliah, capek  sekali  kelihatannya  dia,  kadang  mengeluh  betapa  sulitnya  mengatur  jam  mengajar, jam  untuk  belajar,  jam  untuk  mengurusi  rumah  tangga.
Dan  rumah  juga  berantakan  sekali, wah, pokoknya  benar-benar  seperti  jauh  dari  standar  kenyamanan.  Piring gelas kotor di  sana-sini, wajan,  panci  sampai  berlumut  tidak  dicuci, sampah  berserakan,  cucian  menumpuk.  Setealah  saya  sindir-sindir, akhirnya  dia  menyerah, dan  memutuskan  untuk  membeli  sebuah  mecin cuci. Hahaha. Dasar  putrimu itu ya. Yang  jelas, saya  tahu,  dia  akan  mendapatkan  keinginan-keinginannya;  yang  memberikan  jerih payah  lebih,  akan  mendapatkan  lebih.  Kamu  setuju kan?

Mbi-Mbi, cucu  semata  wayangmu  itu  akhirnya  juga  yang  jadi  tumbal ( atau  ini  memang  bagian  dari  pengorbanan  kita  untuk  mendapatkan  sesuatu?)  si  kecil  ini  nyaris  apa-apa sendiri,  padahal  usianya  april  lalu  baru  enam  tahun, dia  mesti  mandi, makan, bermain  sendiri. Kulitnya  jadi  hitam  dan  jorok. Menyedihkan  memang.  Saya  sering  marahin  adik  di  bagian  itu.  Dan  dia  tidak  bisa  berbuat  banyak  selain  sering-sering membisikkan  ke telinga  mbi-mbi  ketika  tidur; maafin ibuk, maafin ibuk,  ibuk sayang  sama  mbi-mbi.... Waktu  saya  ke rumah, saya  sempat  memandangi  Mbi-mbi  ketika  tidur. Lama  sekali. Poninya  seperti  ponimu, bibirnya  seperti  bibir  kamu,matanya  mirip  dengan  mata  kamu  yang  besar  kelopaknya,  ah, hidungnya  seperti  hidung  milikmu.  Apakah  kamu  tidak  ingin  menciumnya?


Sejak  kematian  kamu,  saya  ingin  terus  merasa  jadi  anak  kecil. Saya  ingin  belajar  menulis  surat  yang  baik  untukmu.  Saya  selalu  menunggu,  dalam  satu  tahun,  saya  bisa  merayakan  sebuah  kesedihan.  Beberapa  hari  lagi  saya  juga  berulang  tahun. Saya  ingin  kamu  mendekap saya  dan  mempersetankan  semua  kejadian  perih  ini.

Selamat  ulang  tahun. Bercahaya  selalu.

-  yang  kamu  panggil  matahari –
 Arif  fitramu.



Nb: oiya, ada yang  nitip  salam  buatmu,  dia  belum  pernah  ketemu  kamu  dan  kamu  juga  belum  pernah  ketemu  dia,  tapi  dia  ingin  sekali  mendoakan. Bolehkan  seseorang  yang  belum  sempat  bertemu  tapi  punya  niat mendoakan, begitu  rajuk  dia.




Tidak ada komentar: