SAJAK SAJAK EDGAR ALLAN POE* YANG COBA SAYA TERJEMAHKAN



A DREAM  WITHIN A DREAM

Taruhlah kecupanmu di kening
Pisahkan dari dirimu sekarang
Hingga sepenuhnya aku mengakui
Kau tak lagi keliru, menganggap
Hari-hari aku yang begitu mimpi
Keinginan yang jauh melayang


Di malam, di siang
Di harapan, di kehampaan.
Tersebab itukah kepergian?
Seluruh yang kita lihat dan nampak seolah-olah
sebuah mimpi di dalam mimpi

Aku berdiri diantara deru
pangkal—ombak—kesedihanmu
Dan menggenggam diriku sendiri,
Sebagaimana hamparan kekuningan
pasir yang berbiji-biji.
Sedemikian  papanya, mereka merayap
melewati jari-jariku
Sementara aku menangis—aku menangis.
O tuhan, tak dapatkah itu semua aku miliki
dengan sesuatu yang lebih erat dari genggaman?
O tuhan, tak dapatkah salah satu riuh beringas
dari gelombang itu aku simpan?
Apakah yang kita lihat dan nampak memang
sekedar mimpi di dalam mimpi?
[Edgar Allan Poe]




ALONE

Dari jam milik masa kanak dimana aku belum ada
Seperti yang lain: aku belum melihat
Seperti yang orang-orang saksikan; aku tak mampu membawa
kehendak hasratku dari musim semi yang datar ini
Dari  ujung hulu yang sama belum juga aku ambil
Kesedihanku; aku sungguh  tidak mampu membangun
hatiku agar bergembira pada  lirih  bunyi yang sama;
Sebab  dari seluruh yang aku cintai, aku begitu mencintai sendiri
Kemudian dalam  masa kanakku, di sebuah fajar
Lewat  hidup yang maha membadai— sudah tergambar
Setiap dasar kedalaman dari yang sehat dan yang sakit
Rahasia dimana terus menerus aku terjepit.
Dari seluruh aliran air yang mengucur ataupun yang memancur
Dari jurang-jurang diantara rongga pegunungan
Dari matahari yang rutin mengitari aku  untuk menggulirkan  
aroma cahaya  musim gugurnya yang kekuningan
Dari  kilatan-kilatan di langit
Yang seolah mengajak aku terbang
Dari lenguh guruh maupun  pangkal badai
Dari payung  mendung yang kepadaku nyaris sampai
(ketika surga jadi teramat biru)
Iblis  bermukim di sekujur  pandanganku.
[Edgar Allan Poe]




* Edgar Allan Poe:  Penyair, penulis prosa, penyunting dan kritikus sastra Amerika 
kelahiran Massachusset, Boston 19 Januari 1809. Poe meninggal  pada 7 Oktober 1849.


Tidak ada komentar: