Pengumuman Kecil

Saya dapat jatah nomer peserta ujian  99355110004, Bu. Ujian dilaksanakan di Hari Minggu, 29 Februari 2015. Semua dalam sehari: Tes Potensi Akademik--Tes Bahasa Inggris--Tes substansi--Tes Wawancara. Pengen muntah-muntah saja seharian itu, Bu. AC dan kepadatan kursi di salah satu ruang Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Undip mendadak membuat saya meriang. Ditambah rasa pesimis, lengkaplah sudah mungkin ramalan kehancuran saya.  Saya banyak melamun malah justru ketika orang-orang dengan antusiasme perang uhud melingkari kertas ujian dengan pensil 2B Mereka hati-hati sekali dalam mengambil napas. Mengernyitkan kening. Menggaruk-garuk telinga. Menatapi kertas soal. Di tengah itu semua, saya malah asyik membayangkan  saya sedang  berada di novel  Animal Farm nya George Orwell. Mendengar si Beo berceloteh, mendengar si Ayam berkotek,si kuda berkeras akan terus bekerja lebih giat dan lebih baik,  mendengar Babi-babi berebut memberi wejangan tentang persamaan kelas. Mengerek bendera Peternakan sambil berteriak: Binatang-binatang sedunia, Bersatulah! Mars Internasionale, berkumandanglah!

Saya mencatat hari itu dalam ingatan sebagai hari pertaruhan dan hari raya  hal-hal konyol. Bahkan berhari-hari sesudahnya, sampai pada saat pengumuman dikeluarkan oleh pihak Universitas: bahwa di antara seribuan lebih para peserta yang mengikuti tes, ada sejumlah peserta berjumlah 668 peserta lolos  dengan selembar maklumat yang ditandatangani oleh Prof Sudharto P Hadi, MES, Ph. D--Rektor Universtas saat ini.  Ada nama-nama yang enak didengar di antara 668 peserta tersebut: Hapsoro Aruno Adji, Tunjung Hayu Adhi Yuganta, yang mengambil program Studi Magister Teknik Kimia. Ada Arbiati Faizah dna Nurul Aini di prodi Teknik Informasi. Ada Margiyati dan Ekowati yang berminat di Magister Keperawatan. Ada begitu banyak nama-nama Bu. Rachma Febriyani, Indra Ashoka, Rika Fitriana, juga Rikarda Ratih, S.SOS. Dan selanjutnya, saya beritahukan kepadamu--inti pengumuman kecil ini: Arif Fitra Kurniawan--mu ada di antara nama-nama itu. Maka ikut berjingkrak-jingkraklah di alam kubur, ibu. 

Arwah-arwah para leluhur sedunia, bersatulah!

1 komentar:

LANGKAHJAUH mengatakan...

Dasar katrok, sama ac aja meriang. Fiuh.
Kelapir..
Tapi selamatlah buat kau, peliharaan yang sukses.