MEMBACA KABAR DARI LAUT—CERPEN DINA AHSARA PURI



tulisan ini  dibuat  untuk kepentingan  Meja cerpen#8  yang  diadakan  oleh  komunitas  Lembah  Kelelawar

 
1.
Membaca  cerpen  Kabar  Dari  Laut   milik  Dina  Ahsara  Puri  ini, menempatkan  saya-- pembaca  sebagai  seseorang  yang  sedang duduk  di  atas  kursi,  merampungkan  sinetron di televisi, sambil  menguliti  kacang  bawang. sambil  mengunyah  dan  sesekali berujar  pada  diri  sendiri  o, begitu—nah, pasti  setelah  ini   begini—dan pada  akhirnya...

2.
Apakah   yang  sebenarnya  membuat  sebuah  prosa  menjadi  menarik  untuk  dibaca? , sudahlah  disini  saya  menahan  diri  saya  untuk  tidak  menulis  kutipan-kutipan  dari  banyak  orang-orang  yang  telah mahir  menulis  teori  tentang  bagaimana  menulis.  Sambil  menulis catatan ini,  saya  sesekali  melirik  tab  samping  di  komputer  saya. Kebetulan  di situ  saya  sedang  buka  dua    tautan;  satu  dari  cerpen  AS  Laksana,  berjudul   Rashida  Chairani  dan  satu tautan  lagi  cerpen  Triyanto  Triwikromo  yang  stilistika  judul  cerpennya  mengingatkan  judul-judul  puisi  saya  yang  seperti  jalan  Tol. apakah  saya  sedang  mencoba  memperbandingkan  secara  kualitas cerpen  Dina  dengan  kedua  cerpen  Media  Koran  tersebut?,  bisa  saja  pembaca  lain  menuduhnya  begitu. Saya  membacanya  karena  ingin  membacanya  saja. Justru  saya  mendapat simpulan  sementara; setiap  penulis  memiliki  dirinya  masing-masing.  Cerpen  Triyanto  menantang  saya, untuk  membuat  daftar  panjang  bacaan  apa  saja  yang  sudah  dan  belum  saya  baca.  karya-karyanya  yang  akhir-akhir  ini  berpenyakit  eksebisionis  itu benar-benar sialan. untungnya  dari  beberapa  judul  dan  penulis semacam  Gao, Gabriel  Marques, Murakami  sudah  pernah  saya  sentuh. Sementara  Cerpen AS  Laksana  menghadiahi  pengalaman  baca  nyaris  seperti membaca cerpen  Dina. Cuma....


3.
Tidak  ada  yang  salah  ketika  seseorang  menuliskan  cerpen. Itu  berlaku  juga  untuk  seseorang  yang  membuat  catatan  tentang  cerpen  yang  ia  baca. Ada  beberapa hal,  setelah  saya  baca beberapa  kali  dari  cerpen  Dina  maupun  AS  Laksana;

a. Dina  dan AS  laksana  sama-sama  memiliki  Laut  sebagai  lanjaran  bercerita. Bedanya, Dina  menempatkan  laut  sebagai  latar, pemantik  konflik, dan  ruang  yang  terus-menerus  bergerak  mendorong  cerita  untuk  teus  menemukan  cara  bagaimana  mengakhiri  diri.  AS  Laksana  menggunakan  laut  sebagai  aksen,  sebuah  tato  yang  mesti  dibawa  oleh  tokohnya  demi menghakimi  sebuah  situasi.

b. Saya  terhibur  dengan  penguraian  citraan  Laut  milik  Dina.  Disamping  ada  beberapa  celah yang saya  rasa  Dina  matangkan.  Dina  terihat  terlalu  bertele-tele  dengan  panorama.


c. AS  laksana,  ya, saya  tahu  saya  akan  memuji  bagaimana  dia  menipu saya  dengan  cara  dia  tetap  meruncing  dengan  satu  penokohan. ada  Kepala  sekolah  yang  dia antagoniskan  namun  tetap  manusiawi, ada segerombolan  anak  muda (inilah  cerdiknya  dia, dia menarik  tokoh  bejat  yang  rupanya  anak  pejabat  agar  cerita  lebih  hitam  dan  putih),  ada  juga  ibu  Rashida  yang  berfungsi  sebagai  pemantik  kecemasan.  Tapi  satu  hal  yang  saya  catat  dari  itu  semua,  masing-masing  tokoh  eksternal  memberi  tekanan  pada  tokoh  aku—prosa, si  narrator.

d.  dina  kecolongan  dalam  bagian  ini. saya  rasa,  cerpen  ditakdirkan  untuk  memaksa  kejelian  penulisnya  mengupayakan  kesedihan/kekejaman/permasalahan  cuma  pada  satu  tokoh  utama. Tapi  Dina  dibagian  ini  malah  gagal  dengan menghadirkan  si  perempuan  berkeringat  rosemary  yang memecahkan  focus.  Fokus  pembaca  remuk  ketika  mesti  tarik  menarik  antara  ke  kanan  atau  ke  kiri.  Antara ke  Sapto  atau  ke  perempuan  beraroma  rosemary. belum lagi kehadiran  Dirun, nelayan  lain,  warga,  belum  bisa  membuat  “kekejaman” yang  berarti. alhasil,  cerita  ini  hendak  jadi  cerita  horror  tidak  jadi,  hendak  jadi cerita  criminal  kurang  mengerikan, hendak  jadi  cerita  sedih  belum  bisa  membuat  saya terharu. Dari  pengalaman  membaca  saya, di  setiap  cerpen  yang  saya  rasa “ berhasil”,  akan  ada kerangaka  imajiner  begini:  semua  boleh  dimasukkan  ke  dalam  cerpen,  tapi  semua  tersebut  (harus) mempunyai  ikatan  emosional  dengan  tokoh  utama. saya  selalu  membayangkan  tokoh  utama di tempeli  banyak  sekali  sedotan  yang  mengambil  air  dari  banyak  sumber  mata air,  sampai  suatu  ketika  tokoh  utama  tersebut  mati  kekenyangan. begitulah....


e. ....Percuma saja jika dipaksakan melaut. Tangkapan ikan akan sedikit. Pantulan cahaya bulan di permukaan air laut yang mengandung garam, membuat senar pancing ataupun jala yang terbenam terlihat menyala. Tentu ikan-ikan akan enggan mendekat.....

Dina  mempunyai  potensi  yang  baik  untuk  menciptakan  deskripsi  setting  bagi  tokoh  dalam  cerpennya. Lihat  saja  bagaimana  ia  menghadirkan  ombak, pantai, langit, renik  kehidupan  pesisir. Dina  juga  sudah (atau  ini  tidak  disadarinya [?]), memasang  logika  bercerita.  inilah  yang  sering  mengaduk-aduk  pikiran  saya,  bagaimana  seorang  penulis  cerpen  menyiasati kejadian  ini  akan  menimbulkan ini,  atau  ini  diakibatkan dari  kejadian yang  itu. bagi  saya  cerpen  yang  bagus  tidak  harus  masuk  akal, tapi ia  punya  syarat  bisa  diterima.

f. Cara  bercerita dina  konvensional,  sekali  lagi, ini  bukan  soal  baik  dan  buruk.  seorang  penulis  diberi  kemerdekaan  akan  mengambil  jalur  penceritaan sudut  pandang orang  pertama, orang  kedua,  orang  ketiga, atau  menggunakan beberapa  sudut  pandang  sekaligus.
g. nah,  variasi  lain  dari  cara  bercerita  menggunakan  teknik  sudut  pandang  bisa  dilacak  pada  cerpen  Rashida  Chairani  milik AS  Laksana. Dia  terlihat  betul  menguasai  teknik  penceritaan. Malah  kalau  menurutt  saya,  dia  sedang  mengejek  teoritis  dari teknik  bercerita  sudut  pandang.  ia  carut-marutkan  semuanya. ya,  saya  tahu, kematangan  bercerita  tidak  mudah.  Saya  berharap  Dina  juga  tahu...

3. Bagaimana  dengan  Cerpen  Triyanto?  sudahlah, lain  kali  saya  akan  berbagi  pengalaman  membaca  cerpen  Triyanto  itu,..

4. Catatan  ini  saya  tulis tanpa  pengeditan,  perhatian  pada  huruf  dan  ejaan  dan  pengendapan, cara  seperti  ini  tidak  baik  dikenakan  pada  cerpen.  Cerpen  mestilah  penuh  perhitungan.  Ya, kan.


Salam  Buat  teman-teman  Lembah  Kelelawar.

Tidak ada komentar: